Rabu, 04 Januari 2012

Iran Usir Kapal Induk AS Dari Wilayah Teluk

Teheran-JP : Satu kapal induk Amerika Serikat yang digelar di Timur Tengah tidak boleh kembali ke pangkalannya di Teluk Persia, kata pernyataan komandan angkatan bersenjata Iran.
Iran mengancam akan melakukan tindakan bila Angkatan Laut Amerika Serikat bergerak masuk ke wilayah Teluk. Melalui Panglima Angkatan Bersenjata Iran Ataullah Salehi, Iran telah meminta kapal pembawa pesawat AS meninggalkan kawasan Teluk karena AL Iran akan menggelar latihan. Ataullah menyatakan Iran akan mengambil tindakan tegas bila kapal tersebut kembali ke kawasan Teluk.
Kapal induk itu yang dikemukakan Salehi itu adalah USS John C. Stennis, salah satu dari kapal-kapal perang terbesar angkatan laut AS. Kapal itu pekan lalu memasuki Selat Hormuz menuju arah timur Teluk Oman dan melintasi satu zona di mana angkatan laut Iran tengah melakukan latihan perang.
Kapal induk pembawa pesawat tempur yang mengangkut satuan tugas AL Amerika itu, kini kapal itu sedang menyediakan dukungan terhadap perang di Afghanistan.
USS John C Stennis meninggalkan Teluk pada 27 Desember silam, yang merupakan transit rutin melalui Selat Hormuz. Sebanyak 40 persen perdagangan minyak dunia melewati kawasan selat yang sempit itu. Iran mengancam akan menutup jalur itu bulan lalu, bila sanksi AS menghentikan ekspor minyaknya.
Ancaman terakhir Teheran itu datang pada waktu sanksi akan berdampak pada ekonomi Iran, dan negara itu menghadapi ketidakpastian politik menjelang pemilu bulan Maret.
Short URL: http://jurnalpatrolinews.com/?p=16355

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Web Hosting